Pada tahun 2025, proses Pengelolaan Kinerja dirancang menjadi lebih sederhana dan memberikan nilai tambah yang lebih bermakna bagi setiap Pegawai dan Atasan. Untuk mengakses informasi terkait Pengelolaan Kinerja tahun 2024 atau 2025, silakan klik menu rincian yang tersedia di bawah ini.

Cara Mengisi Pelaksanaan Praktik Kinerja Untuk Guru Tahun 2025

Setelah perencanaan kinerja yang diajukan oleh Guru mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah, Guru dapat memulai pelaksanaan kinerja. Berikut panduan untuk pengisian pelaksanaan kinerja pada Pengelolaan Kinerja Guru (PKG): 

1. Pilih menu Guru Sebagai Pegawai lalu klik Cek Praktik Kinerja

2. Selanjutnya, Anda dapat mulai mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan, sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak dapat melanjutkan ke langkah berikutnya jika belum menyelesaikan penyelesaian dan kegiatan sebelumnya.

Cara Isi Dokumen Persiapan

1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk mengumpulkan dokumen persiapan pada pelaksanaan observasi.

2. Pada halaman Dokumen Persiapan, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan ini.
  • Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk mendapatkan informasi mengenai fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja

Rubrik perilaku (2).png

  • Pilih  minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki dan juga dipelajari oleh Anda dengan memberikan tanda ceklis pada kotak
  • Tuliskan upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang sudah dipilih sebelumnya. 
  • Pilih jadwal dengan mengatur  'Jadwal Observasi' dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum menetapkan jadwal. Namun, jika jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru dapat berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang sudah ditetapkan. 
  • Pilih tingkatan Jenjang & Kelas  yang sesuai
  • Ketik Mata Pelajaran yang sesuai
    • Anda bisa melakukan pencarian mata pelajaran dengan mengetik mata pelajaran pada kolom yang tersedia. Misalnya “matematika”.

3. Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah mengisi dokumen persiapan dan mengunggah dokumen RPP/Modul atau. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen persiapan dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Persiapan dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

 

5. Setelah Anda mengumpulkan dokumen persiapan, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

6. Kepala Sekolah akan melakukan observasi kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, Anda dapat klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat mengenai detail observasi.

Cara Isi Dokumen Tindak Lanjut

1. Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengumpulkan dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi.

2. Anda akan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah berdasarkan observasi, penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk tindak lanjut yang perlu Anda lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir hasil penilaian ini bukan menjadi nilai akhir.  Kepala Sekolah juga memberikan rekomendasi tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh Anda. Klik ‘Lanjut’ untuk memulai pengisian dokumen tindak lanjut. 

3. Pada halaman Dokumen Tindak Lanjut, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Tindak Lanjut.
  • Anda dapat isi dengan menceritakan tantangan atau kendala yang dihadapi ketika melakukan Praktik Kinerja
  • Pada Sesi  Pilihan Belajar, Anda diminta untuk menetapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta upaya yang akan dilakukan untuk mencapainya, diikuti dengan penjadwalan aksi tindak lanjut dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Pilihan Belajar ini wajib dilakukan sebagai bagian dari tahap Tindak Lanjut.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar dapat dilakukan melalui webinar, kursus luring atau daring, serta berpartisipasi dalam kelompok diskusi atau komunitas online yang relevan dengan tujuan upaya tindak lanjut.
  • Pada sesi  Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri, Anda diminta untuk memilih tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta modul Pelatihan Mandiri yang digunakan untuk mencapainya, diikuti dengan rencana periode Anda untuk mempelajari materi dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri bersifat opsional (tidak wajib), namun jika Anda ingin melakukan pembelajaran melalui Pelatihan Mandiri tetap dapat dilakukan karena merupakan bagian dari tahap tindak lanjut.

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

4. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi dokumen tindak lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen tindak lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

6. Setelah Anda mengumpulkan dokumen tindak lanjut, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya/aksi yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

Cara Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

1.  Jika Anda sudah melakukan Refleksi Tindak Lanjut, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengumpulkan dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah tentang tindak lanjut yang telah dilakukan 

2. Pada halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta untuk mengisi dokumen tindak lanjut.

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Refleksi Tindak Lanjut. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar Lainnya. 
    • Jelaskan keberhasilan yang anda capai dari upaya tindak lanjut yang sudah dilakukan
    • Jelaskan hambatan yang ditemui selama melakukan upaya tindak lanjut
    • Jelaskan peningkatan yang dapat mengatasi tantangan dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri, anda juga dapat menuliskan keberhasilan, hambatan dan peningkatan dari upaya tindak lanjut yang dilakukan

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen refleksi tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

3. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi dokumen refleksi tindak lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen refleksi tindak lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.'

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

 

5. Anda telah berhasil menyelesaikan pelaksanaan kinerja di Pengelolaan Kinerja Guru (PKG). Selanjutnya, Anda dapat menunggu penilaian hasil dari refleksi tindak lanjut yang telah dikumpulkan

6. Berikut tampilan jika Anda sudah menyelesaikan Pelaksanaan Praktik Kinerja

Cara Mengisi Pelaksanaan Praktik Kinerja Untuk Guru Tahun 2024

Setelah perencanaan kinerja yang diajukan oleh Guru mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah, Guru dapat memulai pelaksanaan kinerja. Berikut panduan untuk pengisian pelaksanaan kinerja pada Pengelolaan Kinerja Guru:

1. Pilih menu Guru Sebagai Pegawai lalu klik Cek Praktik Kinerja

2. Selanjutnya, Anda dapat mulai mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan, sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak dapat melanjutkan ke langkah berikutnya jika belum menyelesaikan penyelesaian dan kegiatan sebelumnya.

Cara Isi Dokumen Persiapan

1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk mengumpulkan dokumen persiapan pada pelaksanaan observasi.

2. Pada halaman Dokumen Persiapan, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan ini.
  • Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk mendapatkan informasi mengenai fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja

Rubrik perilaku (2).png

    • Pilih  minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki dan juga dipelajari oleh Anda dengan memberikan tanda ceklis pada kotak
    • Tuliskan upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang sudah dipilih sebelumnya. 
    • Pilih jadwal dengan mengatur  'Jadwal Observasi' dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum menetapkan jadwal. Namun, jika jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru dapat berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang sudah ditetapkan. 
    • Pilih tingkatan Jenjang & Kelas  yang sesuai
    • Ketik Mata Pelajaran yang sesuai
      • Anda bisa melakukan pencarian mata pelajaran dengan mengetik mata pelajaran pada kolom yang tersedia. Misalnya “matematika”.
    • Unggah dokumen RPP/Modul ajar yang akan digunakan ketika observasi kelas. Informasi lebih lanjut tentang Panduan ketentuan RPP/Modul Ajar di Pelaksanaan Kinerja dapat kunjungi artikel di sini

3. Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah mengisi dokumen persiapan dan mengunggah dokumen RPP/Modul atau. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen persiapan dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Persiapan dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

5. Setelah Anda mengumpulkan dokumen persiapan, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

6. Kepala Sekolah akan melakukan observasi kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, Anda dapat klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat mengenai detail observasi.

Cara Isi Dokumen Tindak Lanjut

1. Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengisi dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi.

2. Anda akan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah berdasarkan observasi, penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk tindak lanjut yang perlu Anda lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir hasil penilaian ini bukan menjadi nilai akhir.  Kepala Sekolah juga memberikan rekomendasi tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh Anda. Klik ‘Lanjut’ untuk memulai pengisian dokumen tindak lanjut. 

3. Pada halaman Dokumen Tindak Lanjut, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Tindak Lanjut.
  • Anda dapat isi dengan menceritakan tantangan atau kendala yang dihadapi ketika melakukan Praktik Kinerja
  • Pada Sesi  Pilihan Belajar, Anda diminta untuk menetapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta upaya yang akan dilakukan untuk mencapainya, diikuti dengan penjadwalan aksi tindak lanjut dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Pilihan Belajar ini wajib dilakukan sebagai bagian dari tahap Tindak Lanjut.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar dapat dilakukan melalui webinar, kursus luring atau daring, serta berpartisipasi dalam kelompok diskusi atau komunitas online yang relevan dengan tujuan upaya tindak lanjut.
  • Pada sesi  Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri, Anda diminta untuk memilih tujuan untuk meningkatkan kualitas praktik kinerja serta modul Pelatihan Mandiri yang digunakan untuk mencapainya, diikuti dengan rencana periode Anda untuk mempelajari materi dan kebutuhan dukungan yang diperlukan.
    • Perlu diketahui bahwa Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri bersifat opsional (tidak wajib), namun jika Anda ingin melakukan pembelajaran melalui Pelatihan Mandiri tetap dapat dilakukan karena merupakan bagian dari tahap tindak lanjut.

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

4. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi Dokumen Tindak Lanjut . Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

6. Setelah Anda mengumpulkan dokumen tindak lanjut, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya/aksi yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

Cara Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

1.  Jika Anda sudah melakukan Refleksi Tindak Lanjut, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ untuk mengisi dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah tentang tindak lanjut yang telah dilakukan 

2. Pada halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta untuk mengisi dokumen tindak lanjut.

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Refleksi Tindak Lanjut. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar melalui Pelatihan Mandiri
    • Jelaskan keberhasilan yang Anda capai dari upaya tindak lanjut yang sudah dilakukan
    • Jelaskan hambatan yang ditemui selama melakukan upaya tindak lanjut
    • Jelaskan peningkatan yang dapat mengatasi tantangan dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan. 
  • Pada sesi Pilihan Belajar melalui lainnya, Anda juga dapat menuliskan keberhasilan, hambatan dan peningkatan dari upaya tindak lanjut yang dilakukan

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen refleksi tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.

3. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.'

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk Dokumen Refleksi Tindak Lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, Pilih Ceklis dan klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali. 

5. Anda telah berhasil menyelesaikan pelaksanaan kinerja. Selanjutnya, Anda dapat menunggu penilaian hasil dari refleksi tindak lanjut yang telah dikumpulkan

6. Berikut tampilan jika Anda sudah menyelesaikan Pelaksanaan Kinerja 

Sebelumnya
Selanjutnya
40450728276889

Komentar

0 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk