Fitur Sinkro Ruang GTK dirancang untuk memudahkan sinkronisasi data pengelolaan kinerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dengan Platform E-Kinerja BKN. Proses ini memungkinkan integrasi data yang lebih efisien dan akurat, mendukung pemantauan dan evaluasi kinerja yang lebih komprehensif. Anda dapat menggunakan fitur Sinkro Ruang GTK melalui Platform E-Kinerja atau dengan mengunjungi tautan di sini.
Fitur Sinkro Ruang GTK dapat digunakan oleh Admin Instansi untuk membantu Guru dan Kepala Sekolah dalam melakukan sinkronisasi Data Pengelolaan Kinerja dari Sistem PKG, PKKS, dan PKPS. Dalam konteks ini, peran Admin Instansi diemban oleh pegawai yang menjadi admin platform e-Kinerja BKN. Silakan hubungi Admin Instansi sesuai kewenangan masing-masing Kementerian.
Jika Anda berada dibawah naungan Kemendikdasmen, maka Anda dapat menghubungi BKD (Badan Kepegawaian Daerah) sesuai wilayah kewenangan lokasi Anda berada.
Untuk mengetahui Admin Instansi yang relevan bagi Anda, lakukan pengecekan mandiri dengan langkah-langkah berikut:
- Silakan mengakses e-Kinerja Anda dan kunjungi laman https://kinerja.bkn.go.id/profil.
- Cek pada bagian INSTANSI.
- Instansi yang muncul pada halaman tersebut adalah Instansi yang relevan dan dapat membantu Anda.
Sebagai contoh, jika Anda adalah Guru atau Kepala Sekolah dalam naungan Kemendikbudristek dan halaman https://kinerja.bkn.go.id/profil menunjukkan INSTANSI: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Anda dapat berkoordinasi dengan BKD Provinsi Jawa Tengah.
Selain Admin Instansi, penting untuk diketahui bahwa Guru, Plt. Kepala Sekolah, dan Kepala Sekolah Definitif juga dapat menggunakan Fitur Sinkro Ruang GTK untuk mengintegrasikan Data Pengelolaan Kinerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.
Berikut adalah tahapan cara melakukan Sinkro Ruang GTK untuk Admin Instansi, Guru, dan Kepala Sekolah:
Tahapan melakukan sinkron oleh Guru
1. Guru mendapatkan penanda sebagai pengguna Ruang GTK dapat menemukan tombol Sinkro Ruang GTK melalui menu SKP di e-Kinerja. Kemudian Anda dapat klik tombol Sinkro Ruang GTK di menu SKP tersebut.
2. Selanjutnya, klik tombol Sinkro Ruang GTK untuk memulai proses sinkronisasi data SKP dari Pengelolaan Kinerja di Ruang GTK ke e-Kinerja BKN. Setelah proses sinkronisasi selesai, klik OK untuk melihat data yang telah diperbarui.
3. Dalam kondisi ideal (tanpa perlu perbaikan data di e-Kinerja/SIASN), proses sinkronisasi data SKP dengan Ruang GTK akan berhasil tanpa catatan.
4. Setelah Anda berhasil melakukan sinkronisasi, tampilan konten SKP di e-Kinerja BKN akan terlihat sesuai dengan rencana yang telah dibuat di Ruang GTK.
Tahapan melakukan sinkron oleh Kepala Sekolah
1. Kepala Sekolah mendapatkan penanda sebagai pengguna Ruang GTK dapat menemukan tombol Sinkro Ruang GTK melalui menu SKP di e-Kinerja. Kemudian Anda dapat klik tombol Sinkro Ruang GTK di menu SKP tersebut.
2. Selanjutnya, klik tombol Sinkronisasi data Ruang GTK untuk memulai proses sinkronisasi data SKP dengan Ruang GTK. Setelah proses sinkronisasi selesai, klik OK untuk melihat data yang telah diperbarui.
3. Dalam kondisi ideal (tanpa perlu perbaikan data di e-Kinerja/SIASN), proses sinkronisasi data SKP dengan Ruang GTK akan berhasil tanpa catatan.
4. Setelah Anda berhasil melakukan Sinkronisasi Ruang GTK, tampilan konten SKP di e-Kinerja BKN akan sesuai dengan rencana yang telah dibuat di Ruang GTK.
Tahapan melakukan sinkron oleh Admin Instansi
1. Admin instansi dapat melakukan Sinkronisasi Ruang GTK per pegawai dengan tahapan yang sama seperti yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Guru. Buka menu Log Sinkronisasi Ruang GTK dan pilih status Gagal dan klik Filter untuk melihat daftar Kepala Sekolah dan Guru yang belum teralirkan data SKP-nya ke e-Kinerja.
Anda dapat klik tombol Sinkro Ruang GTKpada pegawai yang ingin dilakukan sinkronisasi. Selanjutnya, Anda dapat klik tombol Sinkro data Ruang GTK untuk memulai proses sinkronisasi data SKP dengan Ruang GTK.
2. Dalam kondisi data ideal (tidak memerlukan perbaikan data di e-Kinerja/SIASN), proses sinkronisasi data SKP dengan Ruang GTK akan berhasil tanpa catatan.
Tahapan melakukan sinkron oleh Guru sebagai Plt. Kepala Sekolah
Saat ini Sinkron Ruang GTK telah tersedia untuk Guru yang menjabat tugas sebagai Plt. Kepala Sekolah. Berikut merupakan panduan untuk melakukan sinkron data SKP dari Ruang GTK ke E-Kinerja sebagai Plt. Kepala Sekolah :
1. Klik Sinkro pada halaman Daftar SKP.
2. Setelah itu, akan muncul pop-up informasi dengan dua tombol: "Sinkro data Ruang GTK" dan "Sinkro data PLT Ruang GTK". Jika Anda belum melakukan sinkronisasi jabatan definitif, silakan klik "Sinkro data Ruang GTK" terlebih dahulu. Setelah SKP masuk dan RHK serta indikator sudah sesuai antara e-Kinerja dan Ruang GTK, silakan klik tombol "Sinkro data PLT Ruang GTK".
3. Jika Anda terdaftar sebagai PLT di Ruang GTK, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Data di sebelah kiri adalah data PLT dari Ruang GTK, sedangkan data di sebelah kanan adalah data PLT dari e-Kinerja. Silakan pilih dropdown untuk menyesuaikan unit kerja PLT di e-Kinerja dengan data di sebelah kiri dari Ruang GTK. Setelah itu, klik tombol "Sinkro data PLT Ruang GTK".
4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi apakah Anda yakin untuk melakukan sinkro data PLT Ruang GTK. Silakan klik "OK".
5. Jika proses sinkronisasi berhasil, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Artinya, SKP sebagai PLT berhasil masuk dengan unit kerja sekolah yang sudah sesuai antara e-Kinerja dan Ruang GTK. Selain itu, terdapat 7 RHK dan Indikator Organisasi serta 2 RHK dan Indikator Individu sebagai PLT Kepala Sekolah yang berhasil masuk dari Ruang GTK ke e-Kinerja. Setelah itu, klik "OK".
6. Setelah itu, akan tampil daftar SKP di e-Kinerja yang menunjukkan bahwa sudah ada SKP baru sebagai PLT yang masuk dari Ruang GTK ke e-Kinerja. Di tahun 2024, pegawai sekarang memiliki 2 SKP: 1 SKP di jabatan definitif dan 1 SKP sebagai PLT Kepala Sekolah.
7. Jika pegawai terdaftar sebagai PLT Kepala Sekolah di lebih dari satu sekolah, dan di e-Kinerja juga telah didaftarkan sebagai PLT di beberapa sekolah, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Silakan mencocokkan data sebagai PLT di sebelah kiri (data dari Ruang GTK) dengan data sebagai PLT di sebelah kanan (data dari e-Kinerja) berdasarkan sekolah yang sesuai. Setelah data cocok, klik tombol "Sinkro Data PLT Ruang GTK" dan pilih "OK" pada konfirmasi yang muncul. Secara otomatis, dua SKP tambahan baru akan dihasilkan untuk peran PLT Kepala Sekolah di dua sekolah yang berbeda.
Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan proses sinkronisasi data SKP dengan Ruang GTK dapat berjalan dengan lancar. Namun, apabila Anda mengalami kendala saat melakukan sinkronisasi Ruang GTK dan muncul notifikasi tertentu, Anda dapat mengikuti panduan pada artikel di sini.
Komentar
1 komentar
Terima kasih atas ilmunya
Harap masuk untuk memberikan komentar.