Setelah anda berhasil login, Anda akan menemukan beberapa menu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Digital yang diantaranya adalah,
A. Menu - KIP Digital
- Sub Menu - Data Peserta didik
- Dalam sub menu ini, pengguna dapat menemukan informasi peserta didikyang terdaftar KIP.
- Pilih 'Cetak KIP Digital' untuk mencetak kartu digital.
- Sub Menu - Cetak by Nomor KIP
- Pilih Menu KIP Digital lalu klik tombol “Cetak by Nomor Digital”
- Masukkan nomor KIP pada kotak yang kosong yang telah tersedia, lalu klik 'Cetak' untuk menampilkan hasil
- Klik tombol 'Download' untuk mengunduh KIP Digital ke perangkat Anda.
- Sub Menu - Cetak by NIK
- Pilih Menu KIP Digital lalu klik tombol 'Cetak by NIK'
- Masukkan nomor NIK pada kotak yang kosong yang telah tersedia, lalu klik 'Cetak' untuk menampilkan hasil.
- Klik tombol 'Download' untuk mengunduh KIP Digital ke perangkat Anda.
B. Menu - Verifikasi File KIP
- Pilih Menu KIP Digital lalu klik tombol 'Verifikasi File KIP'
- Pilih 'Choose File' lalu masukkan file KIP Digital yang telah diunduh atau di ”download” sebelumnya.
- Klik tombol 'Cek' untuk menampilkan hasil detail data.
C. Menu - Peserta didik SK Pemberian
Berikut adalah penjelasan pengoperasian dan penjelasan tools dalam Menu SK Pemberian.
- Tahun, menampilkan pilihan informasi tahun dalam bentuk dropdown list
- Tahap, menampilkan pilihan tahap yang ada dalam tahun terpilih, dalam bentuk dropdown list
- Status Pencairan, menampilkan pilihan status pencarian, “Cair” dan “Belum Cair” dalam bentuk dropdown list
- tombol “Search”, Untuk menampilkan data berdasarkan filter yang dipilih.
- Download, Untuk mengunduh data berdasarkan filter yang dipilih. Berikut dokumen hasil unduh dalam format .xls
- Kolom “Search”, Kolom pencarian untuk mempermudah pengguna dalam mencari data Nama atau NIK yang diinginkan.
- Konfirmasi, tools untuk menentukan kategori konfirmasi yang dalam dipilih dalam dropdown list.
- Cek Bank, tombol untuk menampilkan tampilan status informasi Bank terkait.
D. Menu - Peserta didik Nominasi
- Tahun, menampilkan pilihan informasi tahun dalam bentuk dropdown list
- Tahap, menampilkan pilihan tahap yang ada dalam tahun terpilih, dalam bentuk dropdown list
- Status Aktivasi, menampilkan pilihan status aktivasi, “Sudah Aktivasi” dan “Belum Aktivasi” dalam bentuk dropdown list
- Download, Untuk mengunduh data berdasarkan filter yang dipilih. Berikut dokumen hasil unduh dalam format .xls
- Kolom “Search”, Kolom pencarian untuk mempermudah pengguna dalam mencari data Nama atau NIK yang diinginkan.
- Konfirmasi, tools untuk menentukan kategori konfirmasi yang dalam dipilih dalam dropdown list.
- Cetak Keterangan Surat, untuk mengunduh file Surat Keterangan. dengan langkah pengoperasian seperti berikut:
1. Isi Kolom kosong pada 'Tabel Data Surat'
2. Pilih 'Tahun'
3. Beri tanda centang pada kotak nama peserta didik yang dipilih
4. Klik 'Cetak' setelah tabel data surat dan tabel data peserta didik telah terisi.
5. File akan terunduh di dalam folder download pada perangkat anda dalam format .doc
E. Menu - Peserta didik SK Pembatalan
- Tahun, menampilkan pilihan informasi tahun dalam bentuk dropdown list
- tombol “Search”, Untuk menampilkan data berdasarkan filter yang dipilih.
- Kolom “Search”, Kolom pencarian untuk mempermudah pengguna dalam mencari data Nama atau NIK yang diinginkan.
F. Menu - Peserta didik Usulan Sekolah
- Status Data, menampilkan pilihan informasi status berdasarkan tahun dalam bentuk dropdown list
- Alasan layak PIP, menampilkan pilihan alasan dalam dropdown list.
- tombol “Search”, Untuk menampilkan data berdasarkan filter yang dipilih.
- Download, Untuk mengunduh data berdasarkan filter yang dipilih. Berikut dokumen hasil unduh dalam format .xls
- Kolom “Search”, Kolom pencarian untuk mempermudah pengguna dalam mencari data Nama atau NIK yang diinginkan.
G. Menu - File SK (Konsideran)
- Tahun, menampilkan pilihan informasi tahun dalam bentuk dropdown list
- Tahap, menampilkan pilihan tahap yang ada dalam tahun terpilih, dalam bentuk dropdown list
- tombol “Search”, Untuk menampilkan data berdasarkan filter yang dipilih.
- Download, Klik link download untuk mengunduh dokumen SK
H. Menu - Upload Identitas File peserta didik
Berikut adalah langkah untuk memasukan data identitas file peserta didik,
- Pilih Tahun dari dropdown list pilihan yang dapat Anda temukan dalam pilihan 'Tahun'
- Ketik nama Ketik nama peserta didik pada kolom yang tersedia, maka nama yang dituju
- Anda akan menemukan pilihan 'Halamanan Pertama Tabungan' dan 'Halaman Mutasi Terakhir'. pada pilihan ini, silakan mengungah file, dengan memilih 'Choose File' dan 'Contoh File' untuk menampilkan kembali file yang telah diunggah untuk memastikan file yang di ”upload” sudah benar.
- Selanjutnya, silahkan masukan berkas bukti tarik ATM (Anjutangan Tunai Mandiri) dalam pilihan 'Bukti Tarik ATM'.
- File identitas peserta didik baik berupa KIA/KTP/Kartu Keluarga/Rapor, dapat di-upload dalam pilihan 'File Identitas peserta didik'
- Klik tombol 'Upload' untuk menyimpan keseluruhan file yang telah di-upload.
I. Menu - Update Status Berkas Peserta didik
- Pilih filter Tahun yang tersedia di dalam dropdown list
- Pilih 'Ambil Data' untuk menampilkan data berdasarkan filter yang telah ditentukan
- Tentukan status berkas dari pilihan yang tersedia dalam dropdown list, yang diantaranya adalah:
- Belum dipilih
- Sudah melakukan pemberkasan
- Segera melakukan pemberkasan - Pilih 'Update Status Berkas' untuk menyimpan perubahan data pada Status Berkas peserta didik.
J. Menu - Pengembalian Negara 2021
- Sub Menu - Pilih Peserta didik
- Pilih filter status 'Sudah Cair' atau 'Kembali ke Negara' dari dropdown list 'Status' yang tersedia.
- Klik 'Saring' Untuk menampilkan hasil dari filter status yang dipilih sebelumnya
- Tentukan alasan pengembalian dari pilihan yang telah tersedia dalam pilihan 'Alasan'.
- untuk memenuhi kebutuhan pengembalian, silakan unduh file Format Surat Pengembalian dalam bentuk .docx dengan klik tombol 'Download Format Surat Pengembalian'.
- Sub Menu - Upload File Surat
- Pilih 'Choose File' untuk mengupload file yang dibutuhkan untuk pengembalian.
- Pilih 'Tambah' untuk mengunggah dan menyimpan file yang sudah dipilih
- Klik 'Download' untuk mengunduh file yang telah diunggah, dan untuk mengecek kembali berkas yang telah diunggah.
- Pilih 'Konfirmasi Surat' untuk mengonfirmasi surat yang telah di-upload.
K. Menu - Survei Kendala Aktivasi Rekening
- Pilih filter Tahun dari dropdown list yang bisa Anda temukan dalam pilihan 'Tahun'
- Pilih filter Kategori dari dropdown list untuk melakukan update data peserta.
- Pilih Filter kategori dari dropdown list setelah melakukan update data pada bagian kategori
- Pilih Filter kategori dari dropdown list setelah melakukan update pada bagian Kategori dan juga Grup Kendala
L. Menu - Berita
Menu ini berfungsi untuk melihat dan membaca berita terbaru terkait PIP. Pilih 'View' pada kolom Aksi untuk menampilkan detail berita.
M. Menu - Pengaduan
Berikut adalah cara mencari aduan:
- Pilih 'Tipe' untuk menentukan tipe aduan, baik itu 'Bank' maupun 'Kemdikbud'
- Pilih 'Status' dan tentukan status aduan.
- Pilih salah satu jenjang yang tersedia dalam pilihan 'Jenjang', pilih salah satu dari pilihan SD, SMP, SMA, SMK.
- Pilih 'Filter' untuk melakukan proses filter tipe dan status yang sudah dipilih sebelumnya, atau gunakan kolom 'Search' dengan masukan kata kunci yang akan dicari datanya pada kolom search.
Untuk menambahkan aduan, Anda bisa mengikuti langkah berikut,
- Tentukan tipe pengaduan dalam pilihan 'Tipe Pengaduan', Anda memilih 'Bank' atau 'Kemdikbud'
- Pilih Bank yang Anda gunakan, BRI atau BNI.
- Masukan unit kerja Bank terkait
- Masukan nomor telepon petugas
- Masukan nomor Virtual Account (VA) atau identitas PIP
- Masukan nomor KIP
- Lengkapi dengan lampiran yang relevan dengan mengunggah di tombol 'Choose File'
- Masukan tanggal kejadian
- Lengkapi judul pengaduan pada pilihan 'Judul Pengaduan'
- Isi pengaduan dengan kronologi kejadian
- Klik 'Simpan' untuk menyimpan data pengaduan.
- Anda dapat memilih 'View' untuk melihat kembali isi pengaduan yang telah ditambahkan, memilih 'Edit' untuk merubah data pengaduan, dan 'Delete' untuk menghapus data pengaduan.
Untuk memberikan solusi pengaduan oleh pihak sekolah, dapat mengikuti langkah berikut:
- Klik 'Kembali' untuk kembali ke halaman sebelumnya
- Pilih 'Follow up'
- Pilih tipe pengaduan yang dituju
- Pilih status follow up, 'Selesai' atau 'Follow Up'
- Ketik solusi pada kolom 'Isi Solusi'
- Selanjutnya klik 'Simpan' untuk menyimpan solusi, atau 'Delete' untuk membatalkan penyimpanan follow up.
Komentar
2 komentar
Assalamualaikum pak.anak.saya.yg bernama.maylla Silva ajani.NiSN.3128322818.blm pernah dpt bantu dana PIP. pengajuan sudah 3.x keguru & ke aparat desa.mohon dibantu.dr.kls sampai kls.6.blm pernah dpt.orng yang tidak punya penghasilan/gaji.cuma pengangguran.mohon dicek kerumah saya.& Anak yg laki.Nm.M.fikri alfatih.NISN.3147963595.malah dioff.mohon dibantu.seblm & ssudhnya saya ucapkan terimakasih.hormat saya.firmanjaelani.orng tuanya.pemulung.
Assalamualaikum pak mohon ijin.tolong dibantu.pak.dicek atas nm.ini Maylla Silva ajani.NISN.3128322818.udh terdaftar atau belum.Dan ini nm.M.fikri alfatih.NiSN.3147963595./NIS.212201184. ini malah di off.saya cuma orang yg TDK mampu.tolong didaftar.semua anak sy 5..yg masih kecil.2.yg didlm rahim baru.3.bln.mohon dibantu.sekali lagi.dengan hormat saya.firmanjaelani.saya ucapkan trimakasih.
Harap masuk untuk memberikan komentar.