Keterkaitan Indikator Rapor Pendidikan dengan Pengelolaan Kinerja

Pengguna memulai Pengelolaan Kinerja dengan menyusun Perencanaan Kinerja sebagai langkah awal. Pada tahap ini, pengguna memilih indikator Praktik Kinerja yang relevan sebagai fokus peningkatan kinerja. Pemilihan indikator dapat merujuk pada rekomendasi indikator yang disarankan melalui Rapor Pendidikan di satuan pendidikan, mencakup aspek-aspek kritis dalam proses pembelajaran.

Selain itu, pengguna memiliki fleksibilitas untuk memilih indikator lain yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan spesifik satuan pendidikan. Secara keseluruhan, keterkaitan antara Indikator Rapor Pendidikan dan Pengelolaan Kinerja memberikan panduan bagi pengguna dalam merancang strategi peningkatan kinerja yang efektif.

Indikator Rapor Pendidikan yang di Pilih oleh Guru pada Praktik Kinerja

Apabila guru memilih indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan, maka guru akan diberikan Indikator D1: Kualitas Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan. 

Indikator D1: Kualitas Pembelajaran memiliki 8 turunan subindikator dalam Praktik Kinerja, mulai dari Keteraturan Suasana Kelas hingga Instruksi Pembelajaran. Guru hanya dapat memilih satu subindikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Peningkatan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Indikator Rapor Pendidikan yang diPilih oleh Kepala Sekolah pada Praktik Kinerja

Kepala Sekolah memilih indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan, Kepala Sekolah akan diberikan Indikator D3: Kepemimpinan Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan.

Indikator D3: Kepemimpinan Pembelajaran memiliki 8 turunan subindikator dalam Praktik Kinerja, mulai dari Keteraturan Suasana Kelas hingga Instruksi Pembelajaran. Kepala Sekolah hanya dapat memilih satu subindikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Peningkatan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Indikator Rapor Pendidikan yang diPilih oleh Pengawas Sekolah pada Praktik Kinerja

Pengawas Sekolah memiliki empat pilihan indikator dari Rapor Pendidikan yang dapat dipilih, yaitu:

  1. Kepemimpinan Pembelajaran (D3)
  2. Kualitas Pembelajaran (D1)
  3. Iklim Sekolah yang Aman, Inklusif, dan Merayakan Kebinekaan (D4-D8)
  4. Kualitas Pengelolaan Satuan Pendidikan (E)

Pengawas hanya dapat memilih satu indikator praktik kinerja. Dalam memilih indikator Praktik Kinerja, pengawas dapat mempertimbangkan indikator yang paling mudah ditingkatkan serta indikator yang memberikan manfaat terbesar bagi satuan pendidikan.

Apa itu Dimensi Prioritas ?

Indikator D1: Kualitas Pembelajaran memiliki pasangan Indikator Akar Masalah, yang pada tampilan disebut sebagai Dimensi Prioritas. Dimensi Prioritas mencakup faktor-faktor yang dapat memengaruhi pencapaian dari Indikator Prioritas tersebut. Pengguna dapat merujuk pada informasi berikut untuk memahami lebih lanjut mengenai Indikator Akar Masalah atau Dimensi Prioritas, mulai dari Manajemen Kelas hingga Metode Pembelajaran.

Jika hasil pada lebih dari satu Dimensi Prioritas menunjukkan capaian yang kurang memuaskan, pengguna akan menerima rekomendasi indikator yang bersumber dari Rapor Pendidikan. Rekomendasi ini dirancang untuk memberikan panduan spesifik dalam merinci aspek-aspek yang perlu diperbaiki pada setiap Dimensi Prioritas. Dengan adanya rekomendasi tersebut, pengguna dapat lebih mudah mengidentifikasi area yang membutuhkan perhatian khusus serta merancang strategi perbaikan yang lebih terarah guna meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh.

Sebelumnya
Selanjutnya
40450380913945

Komentar

1 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.

Didayai oleh Zendesk